Sejarah Sekolah

Pendidikan sekarang pada umumnya bersifat massal kurang memberi kesempatan bagi para siswa yang memiliki kecakapan, minat dan bakat yang relatif unggul. Oleh karena itu perlu dikembangkan strategi alternatif yang bertujuan untuk menghasilkan keluaran pendidikan yang unggul, yaitu berupa pemberian perhatian dan perlakuan kepada peserta didik sesuai dengan tuntutan, bakat minat dan kemampuan yang dimiliki mereka. Dalam kaitannya dengan tantangan globalisasi dan persaingan antar bangsa pada masa akan datang, menuntut tersedianya sumber daya manusia yang unggul dan berkualitas.

Sekolah ini, di bawah pembinaan Yayasan Kayan Makmur. Yayasan Kayan Makmur dalam membangun Sekolah SMK Tridaya Harapan diprogramkan mendukung keberlangsungan pengelolaan perusahaan khususnya penyediaan tenaga terampil tingkat menengah kejuruan yang dapat menyediakan tenaga yang dibutuhkan. Hal ini diperlukan untuk mewujudkan visi yaitu terselenggaranya sekolah unggul bidang perkebunan dan alat berat yang menghasilkan tamatan bertaqwa, terampil dan tangguh menghadapi dunia kerja serta bersaing di era global.

Lulusan SMK idealnya merupakan tenaga kerja yang siap pakai. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah pendidikan formal yang diberi amanah oleh undangundang untuk menyiapkan sumber daya manusia yang siap memasuki dunia kerja dan menjadi tenaga kerja yang produktif. Salah satu kebijakan pendidikan melalui Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah link and match yaitu: (1) adanya keterkaitan antara program pendidikan yang diberikan di sekolah dengan kebutuhan masyarakat secara luas, dan (2) adanya kesesuaian atau kecocokan antara program dan produk pendidikan di sekolah dengan kebutuhan masyarakat.

SMK Tridaya Harapan diresmikan oleh: A.n. Bupati Kutai Timur/Kadis Kehutanan Kutai Timur beserta jajarannya, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kutai Timur beserta jajarannya, Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur beserta jajarannya, bersama Ketua Yayasan Kayan Makmur Samarinda dan Dewan Pembina, pada tanggal 28 Juli 2016; berdasarkan Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kutai Timur Nomor: 778/421.3/Disdikbud-Kadis/VII/2016, tertanggal 28 Juli 2016. NSS: 40.2.16.10.01.013; NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional): 699 482 43, merupakan Sekolah Menengah Kejuruan Swasta di provinsi Kalimantan Timur yang menggunakan konsep sekolah berasrama (Boarding School).

SMK Tridaya Harapan bekerjasama dengan Dunia Usaha/Dunia Industri (DU/DI) yang dijalin oleh Yayasan Kayan Makmur. SMK Tridaya Harapan bekerjasama dengan sekolah-sekolah unggul lainnya dalam bentuk kegiatan “Partnership” baik dengan sekolah di dalam negeri maupun di luar negeri. Hal tersebut terkait kebutuhan untuk benchmarking atau mencari rujukan / model dalam upaya pengembangan sekolah, yaitu dengan SMKN 1 bidang pertanian di Bawen Semarang (Jawa Tengah) dan untuk Teknik Alat Berat dengan Trakindo. Kegiatan kerjasama tersebut tentunya harus selalu dikembangkan baik dalam kuantitas maupun dalam bentuk kualitas.